Jumat, 28 Juni 2013

Di manakah manusia bercocok tanam pertama kali?

Asal mula bercocok tanam di lakukan pernah diteliti oleh seorang antropolog dari unisoviet yang bernama N.I. Vavilon,dam mereka menarik kesimpulan bahwa macam tanaman yang tersebar di seluruh muka bumi ini memiliki tempat asal yang khusus.kepandaian bercocok tanam tidak hanya dimiliki suatu manusia di satu daerah,tetapi di beberapa daerah lainnya di muka bumi.
berdasarkan metode penelitian etnobotany yang dilakukan oleh Vavilon.mereka mendapatkan hasil bahwa ada tujuh daerah yang merupakan awal manusia bercocok tanam,dan peneliti lain bernama G.P.Murdock menambahkan satu sehingga menjadi delapan..
delapan daerah itu ialah:

  1. Daerah sungai besar Asia tenggara,seperti sungai mekong serta beberapa sungai lainnya,dan menyebar ke kepulauan asia tenggara seperti:Indonesia,filipina dan beberapa pulau lainnya...Tanaman yang dihasilkan berupa,padi dan keladi..
  2. Daerah sungai asia timur(yangtse dan huangho)mengahsilkan tanaman:sayur-sayuran tionghoa,pohon murbei,teh dan kedele..
  3. Daerah asia barat daya,sungai-sungai di iraq menyebar ke iran dan afganistan.tanaman yang dihasilkan:buah-buahan eropa,gandum..
  4. Daerah laut tengah,mesir dan palestina serta lembah-lembah sungai italia dan spanyol.tanaman yang dihasilkan:buah ara dan buah zait
  5. Daerah afrika timur(absenia)menghasilkan tanaman:gandum eleusine
  6. daerah afrika barat(hulu sungai senegal)menghasilkan tanaman:gandum dan sorgum.
  7. Daerah meksiko selatan dan menyebar ke daerah-daerah utara meksiko(meksiko dan daerah sungai misisipi)Tanaman yang dihasilkan:jagung,kapas dan ubi
  8. Daerah peru di Amerika selatan,menghasilkan tanaman:kentang,ubi,cassava



Tidak ada komentar:

Posting Komentar